Hadirkan Inovasi Teknologi, Program Kerja Penanaman TOGA KKN Tematik Unand Banjir Apresiasi

admin

Tanah Datar.BamEkspres.com. Batusangkar (2/2). Mahasiswa Universitas Andalas yang sedang megikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) berkolaborasi dengan masyarakat Nagari Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar dalam melakukan revitalisasi lahan untuk penanaman tanaman obat keluarga (TOGA). Kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Andalas sebagai salah satu program kerja pada program KKN tematik Universitas Andalas tahun 2024.
Intan selaku penanggung jawab program kerja penanaman TOGA di Nagari Sungai Tarab menuturkan bahwa program kerja penanaman TOGA ini diharap mampu menggerakkan hati masyarakat agar lebih mandiri dan produktif dalam pemanfaatan tanaman dan lahan yang ada. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi upaya mahasiswa KKN Unand dalam memberikan edukasi kepada masyarakat setempat untuk bisa memanfaatkan lahan tidur agar lebih produktif. Hasil tanaman yang ditanam pada lahan tersebut, diharap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan.
“Kami dari mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Nagari Sungai Tarab. Lahan-lahan tidur kita manfaatkan agar lebih produktif dan memberi dampak yang positif kepada masyarakat. Tanaman Toga ini bisa menjadi salah satu opsi bagi masyarakat sebagai pertolongan pertama dalam pengobatan.” Ungkap Intan di sela sela kegiatan gotong royong bersama masyarakat setempat.
Pelaksanaan program kerja ini diawali dengan persiapan lahan yang akan ditanami dengan berbagai tanaman toga. Mahasiswa KKN bersama masyarakat Nagari Sungai Tarab melakukan gotong royong bersama untuk membersihkan lahan yang kemudian ditanami dengan berbagai jenis bibit tanaman obat keluarga (TOGA). Kegiatan gotong royong ini, turut dihadiri oleh pengurus PKK Nagari Sungai Tarab sekaligus membantu mahasiswa KKN dalam merealisasikan program kerja ini.
Salah seorang pengurus PKK Nagari Sungai Tarab mengungkapkan bahwa program kerja yang diusung oleh mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas tahun 2024 memberikan dampak yang sangat baik bagi masyarakat, khususnya pengurus PKK yang merasa terbantu dalam revitalisasi lahan tidur menjadi lebih produktif.
“Kami bersyukur, adik-adik dari mahasiswa KKN Universitas Andalas bisa membawa gebrakan ini ke Nagari Sungai Tarab. Dulunya, lahan ini sudah tidak terkelola dengan baik. Sudah tidak dirawat. Kebetulan adik-adik mahasiswa KKN membawa program yang bagus untuk kami. Tentunya gayung bersambut, kami siap membantu adik-adik untuk menghidupkan kembali lahan ini.”
Realisasi program kerja penanaman Toga ini juga diikuti dengan inovasi teknologi yang dirancang oleh mahasiswa KKN Tematik Universitas Andalas tahun 2024. Pada plang yang dipasang di lahan tanaman toga tersebut, Mahasiswa KKN Universitas Andalas membubuhkan informasi seputar tanaman yang dapat diakses langung oleh masyarakat melalui scan QR-Code yang terpampang.(azzah)

Tinggalkan komentar