SEMANGAT WARGA NAGARI LABUH LAKSANAKAN MUSRAJOR

admin

Tanah Datar. Bamekspres.com. Peran masyarakat secara aktif merupakan kunci keberhasilan dan kemajuan suatu wilayah termasuk dalam lingkup nagari. Dengan program dan perencanaan anggaran yang sudah terencana tidak sulit rasanya mewujudkan masyarakat nagari yang lebih baik.

Hari Selasa tanggal 9 Januari 2024, merupakan momentum terakhir bagi seluruh elemen masyarakat di jorong Piliang nagari Labuh untuk “duduk bersama “ dan ikut andil mengawal arah pembangunan nagari Labuh dalam acara Musyawarah Jorong (MUSJOR) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nagari (RPJMNag) periode 2024-2030, yang pada malam sebelumnya dilaksanakan di jorong Koto. Berarti sudah lengkap penggalian gagasan dari warga untuk penyusunan RPJMNag.( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nagari Labuh untuk kelima jorong.

RPJMNag adalah dokumen perencanaan untuk periode 6 (enam) tahun, yang memuat arah kebijakan pembangunan nagari, arah kebijakan keuangan nagari, kebijakan umum dan program, dengan memperhatikan RPJMD sebelumnya dan RPJMD Kabupaten Tanah Datar dan program prioritas kewilayahan, disertai dengan rencana kerja.

Acara tersebut dihadiri oleh Wali Nagari Labuh Wahyudi Asri, turut hadir pula BPRN, dan pengurus KAN. Wali Nagari Labuh menyampaikan apresiasi kepada semua warga atas dukungan dan partisipasi yang luar biasa untuk kemajuan nagari Labuh kedepannya, dan telah berhasil menyerap aspirasi masyarakat untuk penyempurnaan dokumen RPJMNag untuk periode tahun 2024-2030.

Wahyudi Asri Memaparkan visi misi nagari Labuh dan selanjutnya ditanggapi oleh tamu undangan yang terdiri dari unsur, BPRN, KAN tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, kelompok tani, kelompok UMKM, kelompok perempuan, kelompok masyarakat miskin dan kelompok masyarakat lain sesuai dengan keadaan nagari.

Musjor adalah waktu yang baik bagi warga mengusulkan sebanyak mungkin rencana pembangunan nagari. Karena itu, warga nagari yang melakukan musjor memberikan dan mengajukan usulan rencana pembangunan baik fisik, pelayanan maupun di bidang pemberdayaan masyarakat.

Dari usulan yang disampaikan pada Musjor ini, tim khusus yang di SK kan oleh Wali Nagari Labuh pada saatnya akan memberi perangkingan agar ditemukan usulan mana yang menjadi prioritas kebutuhan masyarakat di jorong tersebut.
Selanjutnya, setelah Musjor dilaksanakan, tim tersebut yang akan melakukan penyusunan rancangan untuk diangkat pada saat Musyawarah Rencana Pembangunan Nagari (Musrenbangnag).(Ali).

Tinggalkan komentar