Gunung Marapi Erupsi, Nagari Labuh Aman dari Abu Vulkanik

admin

bamekspres.com Selasa (26/12) pagi ini, Gunung Marapi kembali erupsi. Asap hitam terlihat mengepul ke udara. Mungkin mengandung material vulkanik.

Seperti dua hari belakangan, gunung kebanggaan masyarakat Sumatera Barat itu terus mengeluarkan abu vulkanik. Sebaran materialnya berputar-putar, tergantung arah angin.

Terkadang abunya jatuh di Kota Padang Panjang dan kawasan X Koto, pada ketika lainnya, abu jatuh ke Batupalano, Padang Luar, hingga Bukittinggi. Pernah pula sampai ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, yang menyebabkan bandara menghentikan sementara operasinalnya.

Tapi dari Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, tidak ada laporan warga terkait sebaran abu vulkanik itu.

“Erupsi Gunung Marapi tidak mempengaruhi aktifitas masyarakat Nagari Labuah. Debu akibat letusan tersebut juga tidak ada yang jatuh di nagari kami,” kata salah seorang tokoh masyarakat bernama Mario, Selasa (26/12) siang, saat kepundan Gunung Marapi terlihat masih mengeluarkan asap hitam.

Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar itu, sejak 2011 oleh PVMBG ditetapkan berstatus Waspada atau Level II. Pada Ahad (3/12) kemarin, mengalami erupsi yang cukup besar dan menelan korban jiwa.

Ada 24 pendaki yang meninggal dunia dalam peristiwa itu, dan puluhan lainnya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Pihak BPBD juga mengimbau kepada masyarakat, wisatawan, dan pendaki untuk tidak melakukan aktivitas di bawah radius 3 kilometer dari puncak atau kawah. Selain itu masyarakat agar memakai masker, topi, dan kaca mata ketika beraktivias di luar ruangan dan tidak menyebarkan informasi yang belum bisa diverifikasi kebenarannya.(source: potretkita)

Tinggalkan komentar